J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 3 (2024): OKTOBER

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DENGAN MENGGUNAKAN KEARIFAN LOKAL PAYUNG GEULIS

Rahmawati, Sylvi (Unknown)
Solihah, Sri (Unknown)
Zakiah, Nur Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul dan respon siswa terhadap modul pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan kearifan lokal payung geulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Miftahul Ulum Al-Azhar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validitas untuk melihat kelayakan modul berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, dan lembar angket untuk melihat respon siswa. Kelayakan modul pembelajaran mengacu pada hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Hasil Penelitian modul pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan kearifan lokal payung geulis adalah (1) memenuhi kategori layak untuk digunakan, dengan hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan kategori layak dengan persentase skor rata-rata 80% sehingga modul pembelajaran ini layak digunakan dari segi materi pembelajaran, sedangkan hasil penilaian dari ahli media mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase skor rata-rata 88,89% sehingga modul pembelajaran ini sangat layak digunakan dari segi media, (2) berdasarkan hasil dari angket siswa modul pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan kearifan lokal payung geulis yang dikembangkan ini memperoleh persentase skor rata-rata 81,63% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian modul pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan kearifan lokal payung geulis ini layak digunakan untuk pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...