Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih terfokus kepada guru. Saat proses pembelajaran berlangsung di dalam laboratorium terlihat siswa kurang berpartisipasi dalam belajar karena siswa hanya menerima dan bersifat pasif. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan software netsupport school pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan software netsupport school dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eskperimen dengan bentuk the static group comparison design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan software netsupport school pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan software netsupport school dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Copyrights © 2024