J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 1 (2024): FEBRUARI

Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Software Maple terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Matriks

Kusumah, Denti (Unknown)
Ruswana, Angra Meta (Unknown)
Zamnah, Lala Nailah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan yang sangat penting dikuasai oleh siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa antara kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model TPS berbantuan software maple dan kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model direct instruction. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu kelas XI di SMK Jaya Mandiri tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 4 kelas, teknik pengambilan sampel dilakukan secara teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dengan bentuk tes uraian yang dimana untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat kemampuan pemahaman matematis siswa antara kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model TPS berbantuan software maple dan kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model direct instruction.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...