Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): April

Indonesia Pengaruh Model Inquiry-Based Virtual Lab terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Efikasi Diri Peserta Didik dalam Pelajaran Fisika di SMA

I Made Agus Arya Wijaya Kusuma (Unknown)
I Wayan Santyasa (Unknown)
I Gde Wawan Sudatha (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Kurangnya kreativitas dan inovasi guru dalam menerapkan model pembelajaran fisika yang terintegrasi dengan teknologi masih menjadi permasalahan dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan efikasi diri peserta didik pada pelajaran fisika antara dua kelompok model pembelajaran yaitu inquiry-based virtual lab (Inquiry-VL) sebagai kelompok eksperimen dan direct instruction-based virtual lab (DI-VL) sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas XI, yang melibatkan 129 peserta didik. Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda diperluas, kemampuan berpikir kreatif menggunakan tes uraian, dan efikasi diri menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan MANCOVA dengan batas signifikansi 5%. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan secara keseluruhan antara kedua kelompok. Kelompok Inquiry-VL menunjukkan hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan efikasi diri yang lebih tinggi daripada kelompok DI-VL. Implikasinya, pembelajaran fisika dengan model Inquiry-VL lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif dan efikasi diri peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMTP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) is specifically publish journal articles in the field of innovation in education and teaching learning in the classroom especially learning at an early age level, primary education, to higher education. Therefore, the scope of JMTP includes: 1) ...