Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan
Vol. 4 No. 4 (2024): October

Kelayakan dan Kepraktisan Media Game Virtual Reality Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini

Magta, Mutiara (Unknown)
Risnawati, Erna (Unknown)
Amini, Mukti (Unknown)
Pramitasari , Muktia (Unknown)
Mustapa, Noviana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Mengelola kelas merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) sebagai calon guru. Untuk menunjang kompetensi tersebut, dikembangkan sebuah media game virtual reality yang memuat materi pengelolaan kelas PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan kepraktisan media game virtual reality Pengelolaan Kelas PAUD agar dapat diimplementasikan secara luas. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Fokus tahapan penelitian berada pada tahap development, yaitu tahap pengembangan produk yang diujicobakan pada kelompok kecil. Produk media ini diujicobakan di tiga daerah, yaitu Jakarta, Serang, dan Yogyakarta, dengan melibatkan total 30 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis secara kuantitatif. hasil penelitian menunjukkan nilai persentase rata-rata di atas 50%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa inovasi produk media game virtual reality Pengelolaan Kelas PAUD layak dan praktis diimplementasikan ke dalam pembelajaran. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan media game virtual reality yang lebih baik agar dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengelola kelas secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMTP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) is specifically publish journal articles in the field of innovation in education and teaching learning in the classroom especially learning at an early age level, primary education, to higher education. Therefore, the scope of JMTP includes: 1) ...