Mengelola kelas merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) sebagai calon guru. Untuk menunjang kompetensi tersebut, dikembangkan sebuah media game virtual reality yang memuat materi pengelolaan kelas PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan kepraktisan media game virtual reality Pengelolaan Kelas PAUD agar dapat diimplementasikan secara luas. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Fokus tahapan penelitian berada pada tahap development, yaitu tahap pengembangan produk yang diujicobakan pada kelompok kecil. Produk media ini diujicobakan di tiga daerah, yaitu Jakarta, Serang, dan Yogyakarta, dengan melibatkan total 30 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis secara kuantitatif. hasil penelitian menunjukkan nilai persentase rata-rata di atas 50%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa inovasi produk media game virtual reality Pengelolaan Kelas PAUD layak dan praktis diimplementasikan ke dalam pembelajaran. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan media game virtual reality yang lebih baik agar dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengelola kelas secara efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024