Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin

Pengaruh Model Inquiry Pictorial Riddle (IPR) Berbantuan Media Monopoli terhadap Hasil Belajar Matematika

Mulyana, Ajeng Tina (Unknown)
Syafaat, Saat (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas III SDN Pinang Ranti 04 Pagi, ditemukan adanya permasalahan pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar yang dilihat dari hasil penilaian rutin yang kurang meningkat serta terdapat kesulitan siswa dalam mengoperasikan rumus luas dan kelilng bangun datar. Untuk mengatasi hal tesebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle (IPR) dengan bantuan media monopoli yang mana model pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif dan solusi untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan adanya pengaruh yang signfikan terhadap hasil belajar matematika materi pengukuran luas dan keliling pada kelas III SDN Pinang Ranti 04 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, pendekatan kuantitatif, desain True Experimental (eksperimen asli) dalam bentuk posttest only control group design, dengan responden 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan nilai posttest yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t, berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 5,16 dan ttabel = 1,69 pada taraf signifikan ???? = 0,05 dan dk = 30. Oleh karena itu, thitung > (lebih besar) ttabel (5,16>1,69), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, kesimpulan analisis yaitu terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar matematika materi pengukuran luas dan keliling bangun datar dengan bantuan media monopoli kelas III SDN Pinang Ranti 04 Pagi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipmht

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para ...