STREAM (Science, Technology, Reading, Engineering, Arts and Mathematics) adalah pendekatan pendidikan modern yang mengintegrasikan mata pelajaran penting ini dengan cara yang menekankan pembelajaran interdisipliner secara langsung. STREAM memberi siswa kesempatan unik untuk menerapkan apa yang mereka pelajari di dunia nyata dan membantu mengembangkan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan kreatif yang sangat penting dalam dunia yang berubah dengan cepat. Selama ini, integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran di kelas belum maksimal, pendidikan dan nilai kearifan lokal belum sepenuhnya melebur menjadi satu kekuatan baru yang tangguh di tubuh pendidikan. Akibatnya dampak yang diakibatkan oleh pendidikan terhadap pelestarian budaya daerah masing sangat jauh dari harapan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan pendampingan belajar menggunakan media kartu edukatif berbasis augmented reality (AR), sebagai upaya menawarkan alternatif solusi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal Aceh yang terintegrasi dengan sains, teknologi, membaca (literasi), teknik, seni dan matematika atau lebih dikenal dengan STREAM-Etno bagi siswa dan guru di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Aceh Utara. Berdasarkan hasil pelaksanaan Tim PKM Unimal, diperoleh pada setiap pembelajaran peserta antusias, aktif dan memperhatikan dengan baik. Peningkatan pengetahuan terlihat dari hasil N-Gain sebesar 80,51% dengan kategori tinggi. Maka, dapat disimpulkan adanya peningkatan pengetahuan dan kecakapan literasi membaca siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024