Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

Pelatihan Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital di SDN Sirap dan SDN Sirnasari

Hani, Siti Umu (Unknown)
Aditya, Aditya (Unknown)
Rahayu, Sapitri (Unknown)
Yulianti, Wulan Ramadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Literasi digital adalah fondasi penting dalam pemanfaatan teknologi secara efektif, namun kenyataannya, di Desa Sirap tingkat literasi digital masih sangat rendah, terutama di kalangan siswa SDN Sirap dan SDN Sirnasari. Meskipun siswa tidak diizinkan membawa ponsel ke sekolah, hasil observasi kami menunjukkan bahwa mereka cenderung menggunakan ponsel di luar jam sekolah untuk bermain game dan mengakses media sosial, tanpa mengembangkan keterampilan literasi digital yang bermanfaat. Untuk mengatasi tantangan ini, kami menyelenggarakan workshop pelatihan Canva dengan tujuan meningkatkan soft skill dan kemampuan literasi digital siswa. Metode yang kami terapkan meliputi penyuluhan, pendampingan, dan pelatihan, yang memungkinkan kami untuk secara langsung mengamati interaksi peserta dan memberikan dukungan yang efektif. Hasil dari workshop ini sangat memuaskan, karena menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan, kreativitas, dan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan aplikasi desain grafis. Selain mempelajari teknik desain, siswa juga diajak untuk berpikir kreatif dengan memecahkan masalah, menyusun ide, dan memilih elemen visual yang tepat untuk menyampaikan pesan secara efektif. Pelatihan Canva ini diharapkan menjadi jembatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan di era digital 4.0.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...