Intervensi komunitas mahasiswa psikologi Universitas Trunojoyo Madura bertujuan untuk mengatasi tantangan distribusi produk UMKM di Desa Tanjung Jati, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Jawa Timur. Sebelumnya, distribusi produk UMKM hanya dilakukan secara musiman dan terbatas pada pesanan. Program ini membantu pelaku UMKM menjalin kerja sama dengan mitra distribusi dan komunitas kurir lokal yang terdiri dari remaja karang taruna dan warga desa. Metode dalam intervensi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi. Tahap yang dilakukan mencakup asesmen kebutuhan, analisis distribusi, perekrutan kurir, penjajakan mitra, hingga pemantauan program. Hasil menunjukkan bahwa program ini berhasil menjalin kerja sama dengan 11 mitra distribusi di wilayah Bangkalan, Telang, dan kantin kampus. Selain itu, peningkatan pendistribusian melalui komunitas kurir mampu meningkatkan konsistensi dan volume penjualan hingga 35%. Pelaku UMKM yang sebelumnya hanya mengandalkan pesanan kini dapat mengoptimalkan jadwal distribusi secara teratur. Program ini tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi lokal tetapi juga memberdayakan komunitas sebagai bagian dari rantai distribusi.
Copyrights © 2024