Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan media audio visual dalam mengembangkan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun di kelas B2 TK Mujahidin 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data diperoleh melalui wawancara dan observasi guru. Hasil menunjukkan bahwa guru telah merencanakan pembelajaran dengan baik melalui penyusunan RPPH dan pemilihan media audio visual yang sesuai dengan topik pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran berjalan efektif, meningkatkan kemampuan anak dalam memahami dan menceritakan kembali materi. Evaluasi dilakukan secara sistematis melalui observasi dan diskusi interaktif, yang menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran tercapai. Media audio visual terbukti memberikan dampak positif pada perkembangan bahasa reseptif anak, menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Penelitian ini merekomendasikan penyediaan fasilitas pendukung yang lebih baik untuk penerapan media ini secara lebih luas dan konsisten
Copyrights © 2024