Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 2 (2025)

Peningkatan Motivasi dan Pemahaman PPKN Siswa SMP melalui Implementasi Model PBL Berbasis TGT

Arini, Arlinda Dewi (Unknown)
Sukriono, Didik (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Implementasi Model PBL Berbasis TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman PPKn di SMPN 8 Malang merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn di tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengombinasikan studi literatur dari penelitian terdahulu, analisis kebutuhan program, serta implementasi kegiatan inti program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis TGT efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi PPKn. Langkah-langkah konkret dalam implementasi model ini, seperti pembukaan pembelajaran yang mengedepankan nilai religius, nasionalisme, dan disiplin, serta kegiatan inti yang melibatkan kerja kelompok, permainan, dan evaluasi pengalaman belajar, berkontribusi positif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan dinamis. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang aktif, responsif, dan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...