Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 2 (2025)

Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Implementasi TaRL pada Pembelajaran Berdiferensiasi Siswa Kelas VII

Dewantari, Arrin Suci (Unknown)
Nuris, Dudung Ma’ruf (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran Abad-21 berupaya membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan berkomunikasi efektif, kreatif, dan mampu bersaing dalam era digital sehingga menjadi individu yang berketerampilan dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif yang muncul dari peserta didik selama proses implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), khususnya melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 2 Pakis tahun pelajaran 2023/2024. Hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas menjadi lebih aktif dan terjadi peningkatan kreativitas peserta didik. Selain itu, terdapat peningkatan motivasi belajar dan rasa tanggung jawab peserta didik dalam menyelesaikan tugas kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui model Project-Based Learning (PjBL) memberikan banyak dampak positif dalam kegiatan pembelajaran, khususnya bagi peserta didik. Dengan munculnya dampak positif ini, diharapkan akan sejalan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...