Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 2 (2025)

Penerapan Pembelajaran Dilatasi dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnomatematika

Prastica, Axellya Dian (Unknown)
Suliantoro, Tamyis (Unknown)
Irawati, Santi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran matematika seringkali dirasakan kurang relevan dengan kehidupan nyata siswa, sehingga menurunkan minat dan pemahaman mereka terhadap materi. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika yang mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal dan pengalaman sehari-hari siswa. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan pembelajaran dilatasi melalui pendekatan etnomatematika terhadap pemahaman dan motivasi belajar siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test, melibatkan 30 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data meliputi tes kemampuan dan angket motivasi belajar yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dilatasi berbasis etnomatematika meningkatkan pemahaman siswa, dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 73,3 persen. Selain itu, hasil angket menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, yang merasa pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan mereka. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...