Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 2 (2025)

Pemanfaatan LKPD Berbasis Model Kooperatif Think Pair Share untuk Melatih Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Materi Sumber Energi Listrik Alternatif Kelas 9 SMP

Fitriana, Dewi Khajar (Unknown)
Dasna, I Wayan (Unknown)
Wardati, Dahlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dirancang berdasarkan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa pada materi sumber energi listrik alternatif di kelas 9 SMP Negeri 12 Malang. Dalam konteks pendidikan abad ke-21, keterampilan kolaborasi menjadi semakin krusial, mengingat tantangan yang dihadapi siswa di era informasi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain One Shot Case Study, di mana data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes untuk mengukur keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model TPS secara signifikan meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, dengan sebagian besar siswa mencapai ketuntasan belajar. Meskipun sebagian besar siswa menunjukkan keterlibatan aktif, terdapat tantangan dalam mempertahankan tingkat keterlibatan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model TPS berbasis LKPD tidak hanya meningkatkan keterlibatan peserta didik, tetapi juga berkontribusi pada hasil pembelajaran yang lebih baik. Temuan ini menunjukkan pentingnya penerapan metode pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...