Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dirancang berdasarkan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa pada materi sumber energi listrik alternatif di kelas 9 SMP Negeri 12 Malang. Dalam konteks pendidikan abad ke-21, keterampilan kolaborasi menjadi semakin krusial, mengingat tantangan yang dihadapi siswa di era informasi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain One Shot Case Study, di mana data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes untuk mengukur keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model TPS secara signifikan meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, dengan sebagian besar siswa mencapai ketuntasan belajar. Meskipun sebagian besar siswa menunjukkan keterlibatan aktif, terdapat tantangan dalam mempertahankan tingkat keterlibatan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model TPS berbasis LKPD tidak hanya meningkatkan keterlibatan peserta didik, tetapi juga berkontribusi pada hasil pembelajaran yang lebih baik. Temuan ini menunjukkan pentingnya penerapan metode pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif.
Copyrights © 2025