Pendidikan karakter penting untuk ditanamkan sejak dini, khususnya di sekolah dasar, sebagai fondasi bagi generasi penerus dalam menghadapi tantangan era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat. Tantangan-tantangan ini berpotensi memengaruhi karakter anak bangsa, sehingga diperlukan upaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur yang sejalan dengan karakteristik dan budaya bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk karakter yang dimiliki oleh siswa di SDN Percobaan 1 Malang, yang terbentuk melalui penerapan budaya sekolah. Menggunakan pendekatan kualitatif naratif, penelitian ini mengandalkan teknik wawancara mendalam, observasi langsung, serta dokumentasi foto sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5A di SDN Percobaan 1 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah yang diterapkan, seperti rutinitas membaca asmaul husna, berdoa bersama, menyanyikan lagu-lagu nasional, hormat bendera, dan memberi salam kepada guru, secara efektif membangun karakter positif siswa. Budaya ini selaras dengan profil Pelajar Pancasila, yang mencerminkan nilai-nilai moral dan nasionalisme dalam diri siswa.
Copyrights © 2025