Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 4 (2024): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Metode–Metode Inovatif Dalam Pembelajaran

Zuhdiah, Zuhdiah (Unknown)
Yuspiani, Yuspiani (Unknown)
Damopolii, Muljono (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran merupakan proses kompleks yang melibatkan interaksi antara guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran memegang peranan penting dalam menentukan efektivitas pembelajaran dengan meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Setiap metode pembelajaran memiliki karakteristik, keunggulan, dan kelemahan yang dapat disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, jenis materi, dan kondisi belajar. Pemilihan metode yang tepat merupakan tantangan bagi guru yang harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti kemampuan peserta didik, penguasaan metode guru, dan kondisi lingkungan belajar. Pengetahuan yang mendalam tentang metode pembelajaran membantu guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membimbing peserta didik mencapai tujuan pendidikan secara optimal. Makalah ini mengkaji berbagai metode pembelajaran yang inovatif dengan fokus pada karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya, dengan harapan memberikan wawasan yang lebih baik bagi praktisi pendidikan dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...