Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang memengaruhi partisipasi aktif, ketekunan, dan pencapaian akademik siswa. Meskipun demikian, banyak siswa yang mengalami rendahnya motivasi belajar, yang dapat disebabkan oleh faktor internal seperti minat dan rasa percaya diri yang rendah, serta faktor eksternal seperti metode pengajaran yang kurang menarik dan lingkungan belajar yang tidak kondusif. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan belajar individu siswa dengan menyesuaikan metode pengajaran, materi, dan penilaian sesuai dengan perbedaan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa. Penelitian ini menemukan bahwa dengan menerapkan strategi diferensiasi konten, proses, dan produk, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan mendukung, sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Diferensiasi konten melibatkan penyediaan materi belajar yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat siswa, sementara diferensiasi proses melibatkan berbagai metode pembelajaran yang mengakomodasi gaya belajar yang berbeda. Diferensiasi produk memberikan siswa kebebasan untuk menunjukkan hasil belajar mereka dengan cara yang paling sesuai bagi mereka. Kesimpulannya, pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan rasa percaya diri, keterlibatan, dan motivasi intrinsik siswa, serta membantu setiap siswa mencapai potensi maksimal mereka dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024