Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam mendesain pembelajaran berbasis STEAM-Q (Science, Technology, Engineering, Art, Math, and Qur’an) di TK Aisyiyah VI Kalidawir. Pendekatan STEAM-Q diharapkan mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai Al-Qur'an dalam proses pembelajaran, yang mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Program pengabdian ini dilakukan melalui tiga tahapan utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, dilakukan pelatihan dan workshop penyusunan modul ajar berbasis STEAM-Q, serta pendampingan guru dalam penerapan kurikulum tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur'an ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Hasil post-test menunjukkan peningkatan rata-rata nilai kemampuan guru dari 53,2 menjadi 82,2 setelah program dilaksanakan. Penerapan pembelajaran berbasis STEAM-Q terbukti efektif dalam membentuk karakter Islami anak usia dini dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka. Guru dapat mengintegrasikan materi pembelajaran dengan nilai-nilai yang ada dalam qur-an, dan guru dapat menyusun perangkat pembelajaran berbasis STEAM Q.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024