Pendidikan mitigasi bencana sejak dini, khususnya melalui strategi bermain peran, memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anak usia dini tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. Dengan memberdayakan anak sejak dini, diharapkan dapat tumbuh generasi yang tangguh dan sadar bencana, serta membangun masyarakat yang lebih siap menghadapi risiko bencana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi bermain peran dalam pendidikan mitigasi bencana guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran bencana pada anak usia dini di lembaga PAUD Kota Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Methods), yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, Angket dan dokumentasi. Sampel penelitian ini di TK Negeri 11 Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Pembelajaran mitigasi bencana di TK Negeri 11 Kendari berhasil meningkatkan kesadaran anak tentang bencana, keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan pemahaman mengenai bencana alam serta langkah pencegahannya. (b) Strategi bermain peran dalam pembelajaran mitigasi bencana di TK Negeri 11 Kendari terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman kesadaran anak terhadap bencana. Rata-rata nilai (mean) meningkat dari 2,00 pada pre-test menjadi 2,87 pada post-test, dengan analisis uji hipotesis menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Copyrights © 2024