Penelitian menunjukkan bahwa mendongeng menggunakan boneka gender dapat menjadi metode yang efektif untuk pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi pemanfaatan pendekatan bercerita mengunakan boneka dalam pengenalan PSA (Pendidikan Seks Anak) pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tempat penelitian dilaksanakan di PAUD Sahabat Belulukan Colomadu. Sumber data diperoleh dari 1 guru kelas kelompok B. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Temuan ini menunjukkan bahwa mendongeng dengan boneka gender adalah alat yang serbaguna dan efektif untuk berbagai aspek pendidikan anak usia dini selain itu, sebagian besar anak dapat mengenali bahwa ada bagian tubuh yang bersifat pribadi (seperti alat kelamin), tetapi pemahaman mereka tentang batasan sosial terkait sentuhan dan ruang pribadi masih sangat terbatas. Banyak dari mereka belum dapat sepenuhnya membedakan antara situasi yang aman dan tidak aman dalam interaksi sosial, meskipun mereka menunjukkan kemampuan untuk menjawab dengan benar jika diajarkan secara langsung menggunakan boneka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024