Tujuan dari penelitian ini mengetahui adalah 1) untuk mendesain alat permainan edukatif kincir angka untuk aspek kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa. 2) Menguji kelayakan alat permainan edukatif kincir angka untuk aspek kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian memperoleh hasil, 1) Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 91,11 dengan kriteria (sangat valid), 2) Validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 85 dengan kriteria (valid), 3) Validasi ahli desain memperoleh skor rata-rata 88,75 dengan kriteria (sangat valid), 4) Uji coba kelayakan perorangan memperoleh skor rata-rata 100 dengan kriteria (sangat valid). 5) Uji coba kelayakan kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 95 dengan kriteria (sangat valid). Dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba kelayakan alat permainan edukatif kincir angka oleh ahli dan anak usia 5-6 tahun sebagai pengguna produk dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa.
Copyrights © 2024