Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mobilitas Sosial di kelas VIII MTs PAB 4 PATUMBAK II. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah tiga puluh siswa kelas VIII-A yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tiga puluh siswa kelas VIII-2 yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Uji t sampel berpasangan menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen pada materi mobilitas sosial jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Setelah adopsi pembelajaran kooperatif STAD, kelas eksperimen mampu mencapai hasil belajar rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.Hasil uji t-sampel independen menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata 78,67 dengan simpangan baku 7,871 poin. Dengan skor rata-rata 72,73 dan simpangan baku 5,994, kelompok kontrol mencatat skor rata-rata tertinggi. Jika dibandingkan dengan model pembelajaran tradisional, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD menghasilkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang lebih besar daripada model pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2024