Kegiatan pendampingan penyusunan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) di KKM MIN 2 Mataram bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis projek yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan Islam Rahmatan Lil Alamin. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini melibatkan tiga tahapan utama, yaitu tahap awal (identifikasi kebutuhan dan perencanaan), tahap pelaksanaan (pelatihan, workshop, dan uji coba modul), serta tahap evaluasi (monitoring, refleksi, dan penyempurnaan). Hasil kegiatan menunjukkan keberhasilan dalam menyusun modul pembelajaran yang kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan kebutuhan lokal madrasah. Guru yang terlibat mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam merancang serta melaksanakan pembelajaran berbasis projek. Uji coba modul menunjukkan antusiasme tinggi dari siswa, dengan partisipasi aktif dalam berbagai aktivitas projek yang membantu mereka menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan Islam secara praktis. Kolaborasi yang terjalin antara guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan kegiatan ini. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan fasilitas, pendekatan fleksibel yang diterapkan mampu mengatasinya dengan baik. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan karakter di MIN 2 Mataram dan menghasilkan rekomendasi strategis untuk pelaksanaan lanjutan di madrasah lain. Dengan demikian, kegiatan ini dapat menjadi model dalam mengembangkan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin secara berkelanjutan.
Copyrights © 2024