Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 4 No. 04 (2024): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi November 2024

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Self-Efficacy

Rumiati, Lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Self-efficacy merupakan faktor penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran, khususnya dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan tingkat self-efficacy. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif di SMP Negeri 3 Paron dengan subjek 6 siswa, terdiri atas dua siswa dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan NVIVO 12. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa dengan self-efficacy tinggi memenuhi semua indikator pemecahan masalah secara sistematis; (2) Siswa dengan self-efficacy sedang memahami masalah tetapi kurang teliti dalam perencanaan, pelaksanaan, dan kesimpulan; (3) Siswa dengan self-efficacy rendah mengalami kesulitan di semua tahap pemecahan masalah. Guru disarankan menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat self-efficacy siswa, memberikan bimbingan tambahan pada siswa dengan self-efficacy sedang dan rendah, serta mempertimbangkan karakteristik individu dalam penelitian lanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...