Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 3, No 4 (2024): Oktober-Desember

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI TARI TRADISIONAL (LUMONDO) MENGGUNAKAN MODEL TUTOR SEBAYA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA SISWA SMPN 1 MASAMBA

Magfirah, Nur (Unknown)
Sumiani, Sumiani (Unknown)
Linda, Johar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan penerapan model tutor sebaya yang dapat meningkatkan kemampuan menari Tari Lumondo dalam kegiatan ekstrakurikuler seni pada siswa SMP Negeri 1 Masamba. 2.) ⁠Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menari Tari Lumondo setelah diterapkan model tutor sebaya dalam kegiatan ekstrakurikuler seni pada siswa SMP Negeri 1 Masamba. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan, penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi di setiap siklusnya yang dilaksanakan empat kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes unjuk kerja, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan langkah-langkah dalam penggunaan model tutor sebaya yaitu tahap perencanaan, pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan bahan ajar berupa RPK (Rencana Pelaksanaan Kegiatan) dan alat-alat pembelajaran. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan peneliti melakukan proses pembelajaran menggunakan model tutor sebaya pada pembelajaran ekstrakurikuler seni tari khususnya tari Lumondo. Tahap pengamatan dilakukan di setiap pertemuan untuk melihat dan mencatat aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Tahap refleksi, pada tahap ini peneliti memperbaiki permasalahan dan mencari solusi untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya. Penerapan model tutor sebaya berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada tutor sebaya sehingga hasil kemampuan menari siswa bisa mengalami peningkatan. (2) Hasil penerapan model tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan menari siswa dapat dilihat pada kegiatan pembelajaran siklus I presentase ketuntasan yang diperoleh adalah 45% dengan nilai rata – rata 70,43 dan siklus II persentase ketuntasan yang diperoleh adalah 80% dengan nilai rata – rata yaitu 82,95. Dapat disimpulkan bahwa keberhasilan hasil belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan gerak pada tari Lumondo mengalami peningkatan, setelah diterapkannya model pembelajaran tutor sebaya di setiap siklusnya di ekstrakurikuler seni pada siswa SMPN 1 Masamba.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

botinglangi

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan diterbitkan oleh Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Boting Langi menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian seni dan pendidikan seni. Redaksi menerima artikel belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format ...