Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 6, No 2 (2024): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Oktober)

Penguatan Branding UMKM melalui Sosialisasi Unique Selling Point (USP) pada Pelaku Usaha di Kampung Kue Rungkut Surabaya

Fardani, Aprissa Ega (Unknown)
Hasyim, Alwi Fu'ad (Unknown)
Imaniar, Sabrina (Unknown)
Ramadhan, Ahmad Dhuha (Unknown)
Fitriana, Nisa Hafi Idhoh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Saat ini, UMKM menjadi salah satu pilar utama yang mendukung perekonomian di Indonesia. Namun, banyak UMKM yang mengalami persaingan cukup berat di era globalisasi ini, termasuk para pelaku UMKM di Kampung Kue Rungkut Surabaya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah untuk memperkuat branding produk UMKM di Kampung Kue Rungkut Surabaya melalui penciptaan Unique Selling Point (USP). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini melibatkan diskusi dan sosialisasi bersama para pelaku UMKM. Kegiatan berlangsung dari tanggal 27 Mei hingga 9 Juni 2024 dengan diikuti oleh 9 pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa para pelaku UMKM telah mengetahui dan memahami pentingnya USP pada setiap produk yang dijual. Selain itu, para pelaku UMKM mendapatkan desain logo, brand tag, dan banner yang telah dicetak. Dengan bantuan yang diberikan ini, para pelaku diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk serta menarik banyak konsumen. Kegiatan ini berhasil dalam memberikan dampak positif terhadap pemahaman dan penerapan branding yang efektif oleh para pelaku UMKM di Kampung Kue Rungkut Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IHSAN

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal hasil tulisan ilmiah dosen yang merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit pertama sekali pada bulan April tahun ...