Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media teknologi digital canva sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia dengan tema literasi di kelas IV SDN 118 Bengkulu Utara untuk meningkatkan pemebelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Kurt Lewin yang terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 118 Bengkulu Utara yang berjumlah 22 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan hasil analisis data evaluasi berupa assessment formatif post test. Berdasarkan hasil analisis data evaluasi pada PPL siklus 1, hanya sebesar 73% peserta didik yang telah mencapai KKTP sedangkan pada hasil analisis evaluasi siklus 2 sebesar 88% peserta didik yang telah mencapai KKTP. Berdasarkan data tersebut, menunjukan bahwa kemampuan literasi peserta didik meningkat dengan menggunakan media pembelajaran digital canva.   
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024