Jurnal Abdimas Imigrasi (JaIM)
Vol 5 No 2 (2024): JURNAL ABDIMAS IMIGRASI

IMPLEMENTASI MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI PEKANBARU

Catherina, Sophie Ria (Unknown)
Mulyawan, Budy (Unknown)
Astuti, Rita Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sesuai dengan apa yang telah dimandatkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pada kenyataannya, kualitas pelayanan masih belum mencapai pelayanan prima. Penelitian ini berfokus untuk melihat bagaimana motivasi pelayanan publik pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru menggunakan teori motivasi pelayanan publik yang dikembangkan oleh Perry dan Wise. Penelitian ini melibatkan tujuh orang informan yang kompeten dalam seksi lalu lintas dan izin tinggal dan status keimigrasian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pelayanan publik pada pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru sudah cukup baik meskipun masih banyak hal yang perlu ditingkatkan untuk menambah motivasi dan kompetensi pegawai melalui pelatihan, pemberian reward and punishment, serta mengadakan evaluasi secara rutin dengan pimpinan. Selain itu, peningkatan sarana dan prasarana untuk menunjang kinerja pegawai masih harus diperhatikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru untuk dapat mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jaim

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

An objective of JAIM: Jurnal Abdimas Imigrasi is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of migration research. JAIM: Jurnal Abdimas Imigrasi is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on ...