ABSTRAK KAJIAN BIAYA DAN MANFAAT COMPUTER BASED TEST SEBAGAI MODEL EVALUASI HASIL BELAJAR DI MTs MUHAMMADIYAH METRO Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat memberikan kemudahan dalam pekerjaan maupun kebutuhan serta aktivitas sehari-hari tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Computer Based Test mulai menggantikan posisi Paper Based Test sebagai alat evaluasi hasil belajar termasuk di MTs Muhammadiyah Metro. Agar sekolah tidak mengalami kegagalan dalam menginvestasikan dananya untuk pengembangan teknologi, maka perlu dilakukan analisis dan pengukuran investasi. Berdasarkan hal tersebut maka dipandang perlu untuk melakukan penelitian ini dalam rangka mengkaji biaya yang dikeluarkan terhadap manfaat yang didapatkan dari penggunaan Computer Based Test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Cost and Benefit Analysis. Manfaat ekonomis yang ditimbulkan CBT lebih besar dari pada biaya yang di keluarkan tergambar dari nilai BCR = 1,78. Evaluasi hasil belajar model CBT dapat diterima dan layak secara ekonomi untuk dilanjutkan yang ditunjukkan dengan nilai BCR ≥ 1 dan NPV ≥ 0.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024