Industri perangkat gaming telah berkembang pesat dengan menawarkan pengalaman bermain yang lebih interaktif dan mendalam. Salah satu inovasi dalam pengendalian permainan adalah penggunaan sensor gerakan, yang memungkinkan pemain untuk mengontrol permainan melalui gerakan tubuh secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pengendali game snowboarding berbasis gerakan tubuh menggunakan sensor IMU MPU6050 dan metode klasifikasi Random Forest. Sistem ini mendeteksi lima gerakan utama pemain, yaitu berdiri tegak, condong ke depan, condong ke belakang, ke kanan, dan ke kiri dengan mengolah data percepatan dan orientasi tubuh. Data dari sensor diproses oleh ESP32 dan hasilnya dikirimkan ke komputer melalui Bluetooth sebagai kontrol input permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sensor IMU MPU6050 mampu merekam nilai percepatan dan orientasi tubuh secara akurat sesuai standar. Sistem ini mencapai tingkat akurasi klasifikasi sebesar 92% dengan rata-rata waktu komputasi hanya 2,82 milidetik, menunjukkan efisiensi tinggi dalam pengolahan data. Selain itu, sistem berhasil mengidentifikasi gerakan pengguna dan mengirimkan kontrol input ke dalam game dengan tingkat keberhasilan 100%. Dengan desain perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi, penelitian ini dapat menjadi alternatif inovatif untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih realistis, imersif, serta mendukung aktivitas fisik pemain.
Copyrights © 2025