Video game Free Fire yang sebelumnya dikenal sebagai salah satu game battle royale paling populer di pasar mobile, mengalami penurunan popularitas secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap penurunan ini dengan menggali perspektif pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian analisis non-implementatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling berupa accidental sampling. Data diperoleh melalui wawancara dengan narasumber sejumlah 8 orang dan menggunakan 2 studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan dua tema besar yaitu dinamika motivasi pemain video game Free Fire yang mencakup kategori alasan bermain dan alasan berhenti. Pengaruh teman, perangkat keras, pengaruh komunitas memiliki perananan pada tema ini. Tema kedua adalah faktor penurunan popularitas dan peningkatan game yang memuat kategori alasan popularitas menurun dan hal yang dapat ditingkatkan. Antarmuka pengguna (UI) menjadi salah satu faktor penurunan dan peningkatan popularitas game. Peningkatan tampilan, grafik, dan animasi akan membuat menjadi lebih baik. Selain itu pembaharuan yang berdampak signifikan serta peranan dari komunitas dan influencer juga berpengaruh terhadap penurunan dan peningkatan popularitas dari game itu sendiri. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa penurunan popularitas Free Fire adalah hasil dari berbagai faktor yang saling terkait dan langkah-langkah strategis diperlukan untuk menghadapinya dalam pasar game yang dinamis saat ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025