Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma Equivalence Class Transformation (ECLAT) dalam menentukan pola penjualan makanan kucing, dengan fokus pada studi kasus di Mitra Pet Shop. Permasalahan muncul ketika produk yang dicari tidak tersedia di toko, menyebabkan kekecewaan pelanggan dan berpotensi merusak reputasi toko serta menurunkan penjualan. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan analisis data penjualan dan identifikasi pola pembelian pelanggan. Salah satu metode yang digunakan adalah Equivalence Class Transformation (ECLAT), yang telah terbukti efisien dalam menganalisis pola transaksi. Dengan menggunakan pendekatan ECLAT, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pembelian makanan kucing oleh pelanggan, sehingga toko dapat lebih efektif dalam mengelola stok dan penempatan produk. Hasil analisa pada bulan desember minggu ke-1, 2, 3 dan 4, terdapat 920 transaksi dengan 179 jenis barang, ditemukan pola aturan asosiasi sebanyak 16 aturan asosiasi 2-itemsets dengan minimal support 1%, sedangkan minimal support 2% tidak menghasilkan pola aturan 2 itemsets.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024