Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan humas dari pemerintah Kota Bogor menggunakan media sosial Instagram yaitu @pemkotbogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi humas pemerintah Kota Bogor dalam mengelola sosial media Instagram @pemkotbogor dan juga memahami bagaimana upaya komunikasi yang dilakukan dapat memperkuat citra positif pemerintah Kota Bogor di kalangan masyarakat. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, karena tujuan peneliti adalah menghasilkan data berupa gambaran strategi komunikasi yang diterapkan oleh humas pemerintah Kota Bogor pada media sosial Instagram. Objek yang difokuskan dalam penelitian ini adalah humas pemerintah Kota Bogor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas pemerintah Kota Bogor telah melakukan strategi kehumasan dengan pendekatan analisis tren dan pemantauan media untuk memastikan konten yang dipublikasikan sesuai dengan preferensi audiens, serta menjalankan perannya dalam penyebaran informasi melalui Instagram @pemkotbogor.
Copyrights © 2024