Haumeni Journal of Education
Vol 4 No 2 (2024): Edisi Desember 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Construct 2 Pada Materi Fungsi Komposisi

Loko, Risna Destriana (Unknown)
Samo, Damianus D. (Unknown)
Blegur, Irna K. S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan construct 2 pada materi fungsi komposisi untuk peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Rote Timur yang Valid, Praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) serta model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Rote Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yaitu valid, praktis, dan efektif. Rata-rata total kevalidan yang diperoleh berdasarkan penilaian validator adalah 4,65 dengan kategori “sangat valid”. Rata-rata total kepraktisan oleh guru adalah 4,75, rata-rata total kepraktisan oleh siswa pada uji coba kelas kecil adalah 4,80, dan kelas besar adalah 4,43 dengan kategori “sangat praktis”. Presentase ketuntasan belajar siswa pada uji coba kelas kecil sebesar 100% dengan kategori “sangat efektif” dan uji coba kelas besar sebesar 75% dengan kategori “efektif”. Dengan demikian media pembelajaran berbasis android sangat layak digunakan dalam pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...