Abstrak.  Pemahaman mahasiswa terhadap konsep pemrograman web seringkali rendah akibat pendekatan pembelajaran konvensional yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode pembelajaran berbasis tantangan (Challenge-Based Learning, CBL) dalam meningkatkan pemahaman pemrograman web. Dengan menggunakan metode Classroom Action Research (CAR) yang melibatkan 35 mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar, penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, nilai rata-rata total mahasiswa sebesar 81,9, dengan aspek logika pemrograman mencatat nilai terendah (80,1). Setelah modifikasi metode, siklus kedua menunjukkan peningkatan rata-rata total menjadi 83,3, dengan kreativitas web mencatat nilai tertinggi (84,1). Elemen fleksibilitas dalam memilih tantangan dan sistem poin berbasis kesulitan terbukti efektif meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa. Dengan demikian, metode CBL yang dimodifikasi tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep tetapi juga memotivasi mahasiswa, sehingga relevan untuk diterapkan pada pembelajaran pemrograman web. Kata Kunci: Challenge Based Learning, Classroom Action Research, Gamifikasi, Pemrograman Web
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024