Melalui Kegiatan Praktikum Pembuatan Sel Hewan dan Tumbuhan di SMPN 1 Inerie berfokus pada penelitian tentang bagaimana pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan melalui kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa pada konsep sel hewan dan tumbuhan di tingkat SMP, khususnya dengan pendekatan pembelajaran berbasis praktikum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner (angket) dengan pendekatan Kuesioner yang Dikelola Sendiri (Self-Administered Questionnaires) serta melibatkan 37 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terkait pemahaman konsep IPA sebelum dan setelah kegiatan praktikum. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep sains siswa, dengan 80% siswa melaporkan bahwa mereka merasa lebih memahami materi setelah mengikuti praktikum.
Copyrights © 2024