Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan
Vol. 2 No. 4 (2024)

Penerapan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Asmara, Nita Yeni (Unknown)
Firman (Unknown)
Desyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Investigating the use of interactive multimedia with Macromedia Flash 8 in scientific education for fifth-grade elementary school students was the aim of this project. Quantitative and experimental methods were employed. The initial identification's findings demonstrated that students' low learning outcomes were caused by a lack of motivation, limited learning times, and the use of dull media. The researcher proposed Macromedia Flash 8 as an interactive learning tool to address this issue. All fifth-grade students from Gugus III Palembayan participated in this survey. A straightforward random sample method was applied for this investigation. The grade V experimental class was SDN 01 Pasar Palembayan, while the control group was SDN 18 Koto Tinggi. According to the data, the control group averaged 71.58 on the posttest, but the experimental group had a higher average of 81.18. Following the hypothesis's testing, the data analysis revealed a substantial Macromedia Flash 8 compared to those who used traditional media. Ha is acceptable since the p value (Sig) <0.05 was found to be 0.013. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki penggunaan multimedia interaktif dengan Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran IPAS untuk siswa di kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Hasil identifikasi awal menunjukkan bahwa waktu pembelajaran yang singkat, penggunaan media yang tidak menarik, dan kurangnya motivasi belajar adalah penyebab hasil belajar yang buruk siswa. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menawarkan Macromedia Flash 8 sebagai media pembelajaran interaktif. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas V dari Gugus III Kecamatan Palembayan. Untuk penelitian ini, teknik simple random sampling digunakan. SDN 01 Pasar Palembayan adalah kelas eksperimen kelas V dan SDN 18 Koto Tinggi adalah kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata posttest yang lebih tinggi, yaitu 81,18, sementara kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 71.58. Setelah pengujian hipotesis, hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah menggunakan Macromedia Flash 8 dibuktikan dengan nilai p (Sig) < 0,05 diperoleh 0,013 yang berarti Ha diterima. Kata Kunci: Multimedia Interactive, Macromedia Flash 8, IPAS, Pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cognoscere

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

"Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan"! Kami adalah jurnal akademik yang fokus pada kajian interdisplin dalam bidang komunikasi, media, dan pendidikan. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk berbagi pengetahuan, gagasan, ...