Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas olahraga dan keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembelajaran siswa di sekolah. Aktivitas olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler dikenal memiliki berbagai manfaat, baik dalam aspek fisik maupun kognitif siswa. Melalui pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi langsung, serta analisis dokumen sekolah, penelitian ini mengidentifikasi dampak dari keterlibatan dalam olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap konsentrasi belajar, keterampilan sosial-emosional, serta prestasi akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan konsentrasi siswa, mengurangi stres, dan memperbaiki kualitas tidur, yang secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap kemampuan belajar mereka. Di sisi lain, kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, kreativitas, serta kemampuan manajerial yang sangat penting dalam proses belajar. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya manajemen waktu yang baik untuk menghindari beban berlebihan pada siswa dan memastikan bahwa keterlibatan dalam olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler tidak mengganggu waktu belajar mereka. Oleh karena itu, sekolah perlu mendukung keseimbangan yang sehat antara kegiatan akademik dan non-akademik untuk membantu siswa mencapai potensi maksimal mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang program pembelajaran yang lebih efektif dan holistik di sekolah.
Copyrights © 2024