JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 8 No. 1 (2024): Desember

Pengaruh Media Smart Box Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B1 di TK Pertiwi 1 Kabupaten Merangin

Putri, Mutiara Maeisa (Unknown)
Ismiatun, Asih Nur (Unknown)
Rosyadi, Akhmad Fikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 yang masih belum berkembang. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu pada saat proses pembelajaran anak belum bisa membuat hasil karya yang baru tanpa diberi contoh oleh guru, Anak belum dapat membentuk minat yang kuat hal ini terlihat banyak anak yang terlihat bosan, ngantuk, kurang tertarik, dan bahkan ada yang sibuk main sendiri saat mengerjakan keterampilan seperti menggambar, menjiplak, menggunting, atau keterampilan lainnya. Kemudian kurangnya keingintahuan pada anak dalam kegiatan serta anak belum bisa menunjukkan inisiatif saat melakukan hal-hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Smart Box Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B1 di TK Pertiwi I Kabupaten Merangin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK Pertiwi 1 Kabupaten Merangin yaitu 136 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 16 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa t hitung > t tabel yaitu 24.092 > 2.131 pada taraf signifikan = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari media smart box terhadap kemampuan membaca permulaan  anak kelompok B1 di Pertiwi 1 Kabupaten Merangin. Dengan demikian media smart box dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...