Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa, kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi beberapa anak masih belum berkembang dalam mengungkapkan bahasa. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran ketika guru menanya tentang pembelajaran sebagian anak masih ada yang belum mau untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Beberapa anak belum mampu untuk berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan perbendaharaan kata, Anak belum mampu untuk berkomunikasi dengan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik digital terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi 69 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 16 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama satu bulan tentang penggunan media komik digital terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun, memperoleh hasil rata-rata pretest kemampuan bahasa anak sebesar 36,69 dan setellah diberi perlakuan penggunaan media komik digital rata-rata posttest sebesar 46.19. Terdapat peningkatan rata-rata kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun sebesar 9,5. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu (7.867) > (2,145) taraf signifikansi = 0,05. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media komik digital terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024