Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana pelaksanaan kurikulum pendidikan anak usia dini di TK Nusa Indah Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum di TK Nusa Indah Palembang. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini ada kepala sekolah, waka kurikulum, guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Pelaksanaan kurikulum diadakan perencanaan terlebih dahulu yaitu dilakukan rapat dalam menentukan pembuatan perencanaan program tahunan, semester, rppm dan rpph, selanjutnya pengorganisasian kurikulum sudah dilaksanakan mulai dari pembagian tugas, dari tugas guru sesuai prosfesinya dan pengelompokkan anak sesuai usia nya, selanjutnya pelaksanaan dalam manajemen kurikulum dilaksanakan sesuai dengan prosedur dalam pembuatan RPPH yaitu melibatkan semua guru dalam pengkondisian kelas, kegiatan pembelajaran dan sarana prasarana yang dimanfaatkan dalam kegiatan pemeblajaran, dan selanjutnya pelaksanaan kurikulum dengan meliputi motivasi, pengarahan, koordinasi dan pengorganisasian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024