Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah dengan menggunakan Pembelajaran Terpadu Connected. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa MAN yang ada di lingkungan sekitar, populasi tersebut berjumlah 36 orang yang diantaranya terdiri dari 11 orang siswa kelas X, 17 orang siswa kelas XI dan 8 orang siswa kelas XII. Dalam penelitian ini sampelnya adalah siswa MAN di lingkungan sekitar kelas XI berjumlah 17 orang. Perlakuan yang diberikan adalah dengan menggunakan pembelajaran terpadu tipe connected dalam meningkatkan kemampuan kemampuan kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif siswa sebelum perlakukan (pretest) rata-rata adalah 32,17. Setelah pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa pembelajaran terpadu tipe connected, selama melaksanakan treatment terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yang mana rata-ratanya yaitu 48,47.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan tentang kemampuan kognitif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist melalui pembelajaran terpadu tipe Connected siswa MAN di lingkungan sekitar, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terpadu tipe connected dapat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa, karena sudah terlihat bahwa hasil test kemampuan kognitif siswa setiap diadakannya treatment antara pretest dan posttest selalu mengalami peningkatan.
Copyrights © 2024