Lisaanuna Ta`lim Al-Lughah Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 7, No 2 (2024): Lisaanuna Ta`lim Al-Lughah Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Maksimalisasi Potensi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Strategi Kooperatif Kontemporer

Ahmadi, Yondri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Sangat penting pengembangan potensi siswa di bidang akademik dan non-akademik melalui metode pembelajaran yang efektif. Pembelajaran Bahasa Arab sering kali menghadapi tantangan dalam hal motivasi dan partisipasi siswa, sehingga diperlukan strategi inovatif untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai manfaat dan teknik strategi kooperatif kontemporer dalam memaksimalkan potensi siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTsS Subhulussalam Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta studi pustaka dari buku dan jurnal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang efektivitas strategi pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi diri siswa, yang meliputi kemampuan fisik, karakter, minat, bakat, kecerdasan, dan nilai-nilai, dapat dikembangkan melalui strategi pembelajaran kooperatif. Faktor-faktor seperti bakat khusus, kemauan, lingkungan yang mendukung, serta dukungan dari keluarga dan sekolah, berperan penting dalam pengembangan potensi ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lisaanuna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Lisaanuna Ta`lim Al-Lughah Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is a peer-reviewed journal on Arabic education. This journal is published by the the Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Editors welcome scholars, ...