Indonesia telah masuk ke dalam era revolusi industri 4.0 yang menandai transformasi signifikan di berbagai sektor, terutama dalam teknologi informasi. Akan tetapi guru matematika di sekolah SMP Negeri 1 Karang Baru masih memiliki kemampuan yang belum memadai dalam membuat bahan ajar atau media belajar. Tujuan PKM ini adalah untuk memberikan edukasi atau pemahaman serta pendampingan kepada guru mengenai teknologi pembelajaran, memberikan pelatihan kepada guru mengenai Aplikasi Aughmented Reality Berbasis Budaya (ETNO-AR) dan meningkatkan keterampilan guru matematika dalam menggunakan teknologi pembelajaran. Solusi yang ditawarkan adalah: 1) Edukasi dalam peningkatan motivasi dan pemahaman tentang teknologi pembelajaran, dan 2) Pelatihan pemanfaatan media ETNO-AR. Peserta Kegiatan PkM ini adalah semua guru Matematika SMP Negeri 1 Karang Baru Aceh Tamiang. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktik. Hasil Kegiatan menunjukkan bahwa 83% guru mendapatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan menggunakan media ETNO-AR, 87% peserta akan menerapkan media ETNO-AR dalam pembelajaran di kelas, 90% peserta merasa sangat puas atas kegiatan Pengabdian, 95% mitra setuju bahwa PKM ini dapat meningkatkan motivasi, keterampilan dan kesadaran guru akan pentingnya teknologi pembelajaran yang efektif dan efesien, 88% guru setuju bahwa media ETNO-AR dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa terutama dalam kemampuan spasial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024