Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru PPKn dalam mengintegrasikan isu Hak Asasi Manusia (HAM) pada pembelajaran di era digital di SD I.S. Kijne Wadio. Topik ini penting karena pendidikan berbasis HAM menjadi landasan utama dalam membangun karakter generasi muda, terutama di tengah perkembangan teknologi digital yang cepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru PPKn, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang baik mengenai nilai-nilai HAM, tetapi menghadapi tantangan dalam menggunakan teknologi digital secara optimal. Keterbatasan fasilitas digital dan kurangnya pelatihan menjadi kendala utama. Namun, siswa menunjukkan minat yang tinggi terhadap pembelajaran berbasis kasus konkret yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan teknologi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn berbasis HAM di era digital. Implikasi dari hasil ini adalah perlunya kebijakan pendidikan yang mendukung integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk memperkuat pendidikan karakter siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran inovatif berbasis HAM di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2024