Kande : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 2 (2024): Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN DALAM INTERAKSI BERBAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PERTIWI UJUNG GADING KECAMATAN LEMBAH MELINTANG

Mustafa, Nurhadia (Unknown)
Safriandi, Safriandi (Unknown)
Wulanda, Wulanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk pematuhan dan pelanggaran, faktor-faktor, dan Solusi yang dapat mengatasi pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa anak usia 4-6 tahun dalam melakukan interaksi di TK Pertiwi Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan dari interaksi berbahasa anak usia 4-6 tahun yang menjadi objek penelitian. Sumber data penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun, orang tua anak, dan guru kelas di TK Pertiwi Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21 data pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang terbagi menjadi 8 data maksim kebijaksanaan, 2 data maksim kedermawanan, 2 data maksim penerimaan, 2 data maksim kerendahan hati, 3 data maksim kesetujuan, 4 data maksim kesimpatian. 17 data pelanggaran prinsip kesantunan yang terbagi menjadi 12 data maksim kebijaksanaan, 2 data maksim kerendahan hati, dan 3 data maksim kesetujuan. Bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa anak usia 4-6 tahun di TK Pertiwi Ujung Gading paling dominan terjadi pada maksim kebijaksanaan. Faktor- faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa anak usia 4-6 tahun dalam melakukan interkasi di TK Pertiwi Ujung Gading adalah 1) hubungan keluarga yang kurang memperhatikan tuturan berbahasa terhadap anak, 2) lingkungan yang tidak mendukung proses interaksi anak, 3) pengaruh media berupa handphone. Solusi dalam mengatasi pelanggaran prinsip kesantunan dengan mengkondisi penggunaan tuturan berbahasa dan membiasakan anak untuk bersikap saling menghargai dalam melakukan interkasi di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kande

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh. Jurnal ini menerbitkan artikel berbasis penelitian di bidang pendidikan, bahasa dan sastra. Frekuensi terbit jurnal ini dua kali dalam ...