Berdasarkan analisis permasalahan yang dihadapi oleh mitra dalam hal ini dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palu adalah rendahnya kemampuan menulis mahasiswa. Salah satu faktor penyebab kondisi tersebut adalah kurangnya umpan balik yang optimal dari dosen terhadap hasil penilaian keterampilan menulis mahasiswa secara sistematis dan berkesinambungan dikarenakan minimnya waktu yang dibutuhkan saat proses pembelajaran di kelas. Padahal, pemberian umpan balik sangat penting bagi mahasiswa untuk berlatih menulis secara sistematis dan berkesinambungan. Kemajuan teknology dapat digunakan untuk memaksimalkan pemberian umpan balik kepada siswa. Oleh karena itu, untuk mendorong dosen agar rutin memberikan umpan balik terhadap hasil karya mahasiswa, maka program pengabdian kepada masyarakat ini memberikan desiminasi kepada dosen dan mahasiswa tentang cara memanfaatkan platform pembelajaran berbasis elektronik yaitu dengan menggunakan aplikasi G-Docs. Desiminasi ini terdiri dari tiga tahap yaitu; persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program ini bertujuan untuk melatih dosen dan mahasiswa dalam memberikan umpan balik melalui G-Docs. Berdasarkan hasil evaluasi, dosen dan mahasiswa memberikan respon positif terhadap penggunaan G-Docs dalam memberikan umpan balik. Respon positif juga diberikan terhadap program pelatihan G-Docs.Abstract. Based on the study of the issue experienced by partners in this case, both instructors and learners of the English Language Education Program at one private institution in Palu City is the low students’ writing skills. The absence of constructive and sustained feedback from teachers on students' writing skills resulting from the limited amount of time required throughout the learning process in class is one of the elements aggravating this condition. Actually, a student's capacity to practice writing methodically and consistently depends much on receiving feedback. Modern technologies allow one to maximize the availability of comments to pupils. Thus, this community service program offers instructors and students distribution on an electronic-based learning platform, especially using the G-Docs application, encouraging lecturers to submit comments on student work consistently. Three stages characterize this sharing: planning, execution, and assessment. This initiative seeks to equip teachers and students to use G-Docs for feedback. The evaluation results showed that teachers and students responded favorably about using G-Docs for feedback. The G-Docs training program has received excellent comments.
Copyrights © 2025