Ibtidai'y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Ibtidaiy Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MIKIR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI DAN REFLEKSI) PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS III MIS ALKHAIRAAT LERE

Widyawati (Unknown)
Arifuddin M. Arif (Unknown)
Anisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Pembelajaran MIKIR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi) pada mata pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Lere. Fakta ditemukan bahwasanya peserta didik kelas III mengalami masalah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, peserta didik hanya mengandalkan suapan materi dari gurunya saja dan tidak berpusat pada peserta didik atau student centered learning, sehingga mereka tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran MIKIR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi) telah terlaksana di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Lere dengan mata pelajaran tematik kelas III dengan tema 8 praja muda karana dan subtema 1 aku anggota pramuka, dampak positif pembelajaran MIKIR terhadap hasil belajar peserta didik yaitu keaktifan belajar, berpikir kritis dan rasa ingin tahu. Implikasi Penelitian ini mencakup perlunya kreativitas guru dalam pembelajaran, perhatian peserta didik di kelas dan perhatian pengelola madrasah untuk memperbaiki gedung sekolah, hal ini diharapkan dapat membantu guru dan peserta didik merasa nyaman dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ibtidaiy Datokarama Jurnal Pendidikan Dasar yang dikunjungi oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini undangan para dosen, peneliti, dan pemerhati ...