Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan (JIMK)
Vol 5 No 2 (2024): Desember

PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM INDUSTRI OTOMOTIF HONDA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABLE INTERVENING

Adi Wibowo, Farhan (Unknown)
Kurniawan, Bayu (Unknown)
Darmaputra, M. Fadjar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dalam industry otomotif Honda dengan kepuasan pelanggan sebagai variable interving. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Honda di kota Semarang dengan jumlah sampel yaitu 125 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah metode sampling acak sederhana tanpa mempertimbangkan karakteristik tertentu, setiap responden dipilih secara bebas, namun menggunakan produk sepeda motor Honda. Analisis data menggunakan pendekatan setructural equation model (SEM). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa brand image berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan menunjukan nilai C.R. 2,241>1,96 dan nilai P-Value 0,025<0,05. Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan menunjukan nilai C.R. 3,261>1,96 dan nilai P-Value 0,000<0,05. Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan menunjukan nilai C.R. 4,473>1,96 dan nilai P-Value 0,000<0,05. Brand image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan menunjukan nilai C.R. 4,583>1,96 dan nilai P-Value 0,000<0,05. Kualitas Produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan menunjukan nilai C.R. 3,029>1,96 dan nilai P-Value 0,000<0,05. Brand image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel kepuasan pelanggan dengan menunjukkan hasil t-hitung 2,005> nilai P-Value 0,044. Kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel kepuasan pelanggan dengan menunjukkan nilai t-hitung 2,636>nilai P-Value 0,008

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jimk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan (JIMK) merupakan Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Jurnal ini khusus memuat kajian ilmiah yang berkaitan dengan manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan ...