JRIIN :Jurnal Riset Informatika dan Inovasi
Vol 2 No 10 (2025): JRIIN: Jurnal Riset Informatika dan Inovasi

Pengaruh Media Sosial terhadap Pembelajaran Mahasiswa Generasi Z: Distraksi atau Dukungan

Aditya Ramadhan (Unknown)
Averus Ardiansyah (Unknown)
Muhammad Septian (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap pembelajaran mahasiswa generasi Z. Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan generasi ini, memengaruhi cara mereka berinteraksi, belajar, dan mengakses informasi. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Data dianalisis menggunakan regresi linear untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial, jenis platform yang digunakan, serta efeketifitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelajaran, terutama dalam aspek kolaborasi dan akses informasi demikian, diperlukan strategi pemanfaat media sosial yang efektif untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa generasi Z.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jriin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...